Breaking

Rabu, 02 Agustus 2017

Baik atau Buruk kah Web Log Kita

Sindopos.com
Pernahkah Anda merasa bahwa apa yang Anda lakukan selama ini untuk bisnis online tidak membuahkan hasil?

Seringkali saya mendengar dan menerima cerita bahwa website, email marketing bahkan sosial media sekalipun belum mendatangkan keuntungan atau penjualan. Alhasil mereka bukan hanya menyalahkan provider website atau bahkan admin yang membantu mereka melakukan promosi. Padahal sebenarnya kesalahan bisa muncul dari cara yang kita lakukan selama ini.

Terkadang kita hanya memposting produk, membagikan atau share ke sosial media tanpa melakukan pengawasan terhadap teknik yang digunakan. Mulai dari seberapa banyak orang yang datang ke wesbite kita, seberapa banyak orang yang aktif berkunjung di website kita saat itu juga, sampai seberapa banyak orang yang membagikan konten kita di sosial media mereka.

Sampai di sini kita bisa memahami bahwa untuk menjalankan bisnis online yang sukses bukan hanya memposting seberapa banyak foto produk di sosial media kita, tapi juga membuat artikel pendukung baik di dalam website ataupun blog yang sudah ada.

Nah, kini mari kita mencari tahu apa saja yang PENTING kita perhatikan ketika menggunakan digital marketing sebagai pendorong teknik bisnis online kita.

Website
1. Page view
Percaya atau tidak, Anda dan jutaan umat di dunia manapun akan melihat sisi tampilan sebuah website terlebih dahulu sebeluma akhirya memberikan penilaian dan memutuskan akan berlangganan atau tidak. Sekalipun masih ada jutaan manusia lainnya yang memang lebih mengutamakan kebutuhan mereka ketimbang sekedar memberikan penilaian tampilan website.

Hanya saja, sebuah kepercayaan di toko online akan tercipta ketika tampilan website memang mencerminkan suatu hal yang profesional. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mempertimbangkan tampilan website. Mulai dari pemilihan template sampai dengan warna dan kesesuaian dengan produk yang kita jual.

Bahkan kini ketika Anda dipusingkan membuat website dengan tampilan yang menarik, Jagoanstore.com telah lama menjadi pilihan para pebisnis online untuk membuat dan mendapatkan website dengan tampilan yang menarik dan juga menjual. Tidak percaya? Silakan masuk ke dalam halaman berikut sekedar melihat dan memberikan review tentang tampilan website toko online masa depan Anda kelak.

2. Time spent on page
Selain tampilan website, Anda juga harus memperhatikan waktu yang dihabiskan oleh pengunjung ketika mereka masuk ke dalam website Anda. Sebab kadang tampilan yang menarik pun belum cukup dirasa untuk membuat orang betah dan memutuskan untuk membeli produk kita.

Lalu apa sebenarnya ukuran “baik” dan “buruk” yang membuat pengunjung menghabiskan waktu mereka di website kita?

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang akan benar-benar tertarik pada konten yang Anda posting. Selain itu mereka juga bertahan karena navigasi atau informasi yang ada di website Anda terlalu membingungkan. Kini Anda bisa memperhitungkan mana yang ingin dan bisa Anda gunakan untuk membuat orang betah berada di website Anda.

Campaign Marketing
3. Impressions & Click for Display ads
Sebuah study dari ANA menunjukkan dimana sebuah pembelian iklan online dengan 36 merek utama di Amerika Serikat pada bulan Agustus sampai dengan September 2014, menemukan bahwa 11% dari iklan online dan 23% lainnya dari iklan yang ditampilkan di video.

Dengan kata lain, Display Ads kita benar-benar seperti dijalankan oleh sebuah mesin bukan kita sebagai manusia yang menjalankannya.

Sedangkan sebuah iklan berbayar yang terpenting bukan hanya sekedar muncul dan di klik oleh mereka yang melihatnya. Tapi seberapa banyak orang yang melakukan tindakan setelah melihat iklan tersebut. Misalnya menelepon atau mengirim email baik bertanya lebih lanjut ataupun memesan produk kita.

Kita bisa berfokus pada angka yang ada akhirnya akan membantu kita untuk mengoptimalkan pengeluaran iklan tersebut.

4. Total form completions
Biasanya sebuah iklan atau link akan mengarahkan pengunjung kepada form yang kita buat. Form ini berguna untuk mendapatkan leads mereka, mulai dari nama, alamat, email sampai dengan nomor telepon dan jenis bisnis mereka. Dari sini kita bisa mengolah dan mengirimkan penawaran sesuai dengan persona mereka.

Sayangnya, presentase pengunjung yang mengisi form pada landing page Anda adalah SPAM. Mulai dari data yang tidak lengkap sampai dengan data yang tida valid.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Untuk solusinya bisa dimulai dengan memberikan konten yang benar-benar menarik dan membuat pengunjung ingin mendapatkan informasi lebih lanjut dari landing page Anda. Sehingga mereka mau untuk berbagi data yang valid dan sebenarnya. Jika sudah begini bukankah bisnis online kita akan jauh lebih mudah untuk dijalani.

Blogging
5. Social media shares
Ketika website toko online Anda dilengkapi dengan blog yang berisi artikel dan konten lain yang mendukung website utama Anda. Maka ini saatnya Anda memperbanyak share ke berbagai sosial media.

Sebab bukan hal yang sulit ketika pengunjung yang tertarik dengan konten Anda untuk membagikannya. Kini banyak plugin yang berfungsi untuk mempermudah shared sosial media, baik di WordPress atau CMS blog lainnya.

Salah satu alasan mengapa konten blog Anda harus dibagikan adalah bahwa semakin banyak orang yang mengetahui website Anda, semakin banyak orang yang tertarik dan membagikan, maka semakin tinggi viewer konten dan blog Anda.

Omzet 50 juta

6. Comments
Selain fitur shared sosial media yang harus selalu ada, fitur comment di blog Anda juga harus aktif. Ini memberikan kesempatan bagi pengunjung blog Anda untuk meninggalkan jejaknya dan menjalin interaksi dengan Anda.

Begitupun Anda yang bisa meninggalkan jejak dan berinteraksi dengan blog yang Anda kunjungi. Nama akun yang tertera akan memudahkan orang baru mengetahui dan mengunjungi website atau blog Anda. Kembali cara ini juga efektif mendatangkan pengunjung baru ke website Anda.

Search Optimization
7. Number of inbound links
Jangan salah kira bahwa mencantumkan link dari blog atau website lain akan memberikan pengaruh buruk bagi website atau blog kita. Justru itu membantu meningkatkan peringkat website kita di mesin pencarian. SEO Off-page juga sangat penting digunakan untuk meningkatkan viewer dan peringkat sebuah website di search engine. Sehingga memberikan link luar ke website kita merupakan bagian penting dari strategi SEO.

Tapi ingat dengan jumlah inbound link yang akan membantu website Anda mendapatkan peringkat tinggi dengan kata kunci tertentu. Selain itu juga dengan persentase kunjungan ke website kita dari lalu lintas organik dari range waktu yang telah ditentukan.

Email Marketing
8. Open rate
Selain menggunakan website dan blog, biasanya pebisnis online juga memanfaatkan media online lain seperti email marketing. Di sini metrik yang paling penting adalah open rate atau jumlah orang yang membuka email yang kita kirimkan kepada mereka.

Tapi terkadang open rate email marketing memberikan kita hasil yang kurang memuaskan, seperti ketika sebuah email mencantumkan gambar. Ada beberapa penerima yang mengaktifkan fitur receive image di email mereka. Selebihnya akan memblokir fitur ini. Dan ketika konten kita hanya berupa gambar, mereka seolah hanya menerima email kosong.

Sehingga kita mulai memperhitungkan seberapa orang yang mengklik link yang kita sematkan di dalam email, ketimbang hanya menentukan keberhasilan dari seberapa banyak orang yang membuka email kita.

9. Unsubscribe rate
Setiap marketers yang cerdas akan memberitahu Anda bahwa meminimalkan tingkat unsubscribe di email adalah hal yang baik. Mengapa?

Karena tingkat unsubscribe dapat sedikit mengurangi leads kita untuk menggunakan email marketing selanjutnya. Sehingga kita bisa mensiasatinya dengan ditiadakannya tombol unsubscribe di dalam email marketing yang kita kirimkan. Sehigga mereka yang enggan membaca konten kita masih akan menerima email kita selanjutnya.

Selain itu konten yang kita berikan juga harus menarik dan membuat mereka selalu ingin menerima email kita selanjutnya. Teknik copywriting di dalam email marketing sangat diperlukan untuk meningkatkan ketertarikan penerima email terhadap tindakan yang harus mereka lakukan selanjutnya.

Blogger2

Social Media
10. Facebook page likes
Setelah website, blog dan email marketing, kini saatnya Anda melengkapi strategi digital marketing dengan akun di sosial media, seperti Facebook Page. Bahkan memiliki jumlah like yang banyak di Fanspage kita akan membuat kita terlihat sedikit mencolok di semua halaman teman mereka. Dengan begitu artinya banyak orang yang tahu siapa dan apa yang kita miliki.

Namun menurut Kissmetrics, Fanspage likes sebenarnya tidak banyak berkolerasi dengan banyak proses bisnis. Bahkan, hanya ada 1% dari pengguna Facebook yang menyukai Fanspage kita benar-benar mengunjungi website atau blog kita. Dengan kata lain, ada banyak orang yang menyukai Fanspage kita tapi tidak banyak terlibat dengan konten yang kita buat. Bukankah ini seperti sebuah hal yang percuma? :(

Sehingga Anda perlu membaca artikel berikut ini untuk bisa membuat sebuah halaman Facebook yang benar-benar memberikan daya tarik bagi siapapun yang mengetahui dan bahkan yang ada di dalamnya.

11. Twitter Impressions
Selain Facebook, Twitter juga masih banyak digunakan sebagai media promosi bagi sebuah bisnis. Mungkin menggunakan Twitter tidak menunjukkan tindakan yang berarti dari follower Anda. Mereka hanya melihat seberapa kali Anda memposting konten, terlepas dari apakah mereka mengklik link yang Anda sematkan.

Namun dengan memberikan link di dalam konten yang kita posting akan memberikan kita sedikit pencerahan apakah konten kita menarik atau tidak bagi mereka. Selain itu jangan lupa untuk memanfaatkan fitur Hashtag dan juga tranding topics untuk menarik perhatian follower Anda.

Product Marketing
12. Total registered users
Sebelumnya pernahkah Anda mendaftarkan diri untuk medapatkan layanan atau mendownload aplikasi. Setelah itu Anda hanya menggunakannya untuk login sekali atau dua kali saja?

Nah, sebenarnya ketika Anda melakukan ini bisnis tersebut akan memanfaatkan data Anda untuk leads penawaran produk atau layanan mereka selanjutnya. Dari kasus ini Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi untuk melakukannya di bisnis Anda.

Anda bisa menawarkan produk tambahan atau layanan yang lebih istimewa lagi kepada pengunjung yang sudah dan tertarik dengan produk Anda.

Data tersebut juga penting bagi Anda untuk mengetahui dimana letak ketertarikan mereka, seberapa banyak yang tertarik dan mengapa mereka tertarik. Anda bisa mengolahnya menjadi data yang akan dimanfaatkan untuk penawaran produk atau layanan selanjutnya. Bukankah ini cukup menarik bagi sebuah bisnis yang sedang ingin merintis dan mengumpulkan leads untuk bisnis mereka?

Kini apakah Anda harus melakukannya satu persatu? Lalu apakah semua cara diatas bisa Anda lakukan dengan teknik yang apa adanya?

Tentu saja tidak. Anda masih memiliki pilihan untuk melakukan teknik yang mana yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Begitupun dengan bagaimana Anda belajar melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox